April 24, 2007

IkAn DaN SeRaNgGa


Sekarang mari kita duduk ditepi kolam. Kita belajar apa yang bisa kita lihat di sana.

Seekor ikan tahu kedalaman kolam yang ditinggalinya. Dia bisa berenang ke mana pun yang dia sukai di kolam itu.

Seekor serangga, bagaimana pun juga, hanya akan tinggal di permukaan kolam. Serangga ini punya empat kaki, dan telapaknya berfungsi seperti sepatu. Mereka bisa berjalan di atas air dan tidak tenggelam, tidak basah. Namun, mereka tidak tahu kedalaman dan isi kolam itu.

Kapan saja sang ikan bisa naik ke permukaan dan mamangsa serangga tersebut. Nasib buruk buat sang serangga karena tak tahu ada ikan di bawahnya.

Seperti itu, ketika manusia berjalan dengan pikiran, nafsu, dan perasaan. Yang mereka tahu hanyalah 'rasa' (permukaan). Rasa benar, rasa salah, rasa sedih, rasa suka, rasa logis, rasa irrasional, rasa agamis, rasa humanis, rasa filosofis, ... Jika manusia tidak tahu berapa kedalaman rasa itu, siapa yang hidup di sana, maka setiap saat manusia bisa menjadi mangsa makhluk yang tinggal di dalamnya.

Lihat ke dalam kolam dirimu. Siapa yang tinggal di sana?

1 comment:

Anonymous said...

look at oOcetOBF [URL=http://www.hermes-birkinprice.weebly.com/]birkin bag price[/URL] for more RakuMcdo [URL=http://www.hermes-birkinprice.weebly.com/ ] http://www.hermes-birkinprice.weebly.com/ [/URL]